Selasa, 25 Desember 2012

Mobile Computing and Commerce, and Pervasive Computing

Istilah –istilah Dasar yang terdapat pada Mobile Computing:
• Personal Digital Assistant (PDA). Sebuah komputer portabel kecil, seperti Palm handheld dan perangkat Pocket PC.
• Layanan Pesan Singkat (SMS). Sebuah teknologi, ada sejak tahun 1991, yang memungkinkan mengirim pesan teks singkat.
• Enhanced Messaging Service (EMS). Perpanjangan dari SMS yang mampu mengirim animasi sederhana, gambar kecil, dan melodi pendek.
• Multimedia Messaging Service (MMS). Generasi berikutnya nirkabel pengolah pesan, teknologi ini akan dapat memberikan media yang kaya.
• Wireless Application Protocol (WAP). Sebuah teknologi yang menawarkan browsing internet perangkat nirkabel.
• Smartphone. Internet-enabled ponsel yang dapat mendukung aplikasi mobile.
• Wi-Fi (Wireless Fidelity). Mengacu pada standar 802.11b yang sebagian besar nirkabel jaringan area lokal didasarkan pada.
• Sistem Penempatan Global (GPS). Sebuah sistem pelacakan berbasis satelit yang memungkinkan penentuan lokasi perangkat GPS ini.
• WLAN. Jaringan local area nirkabel



Karakteristik Mobile Computing:
• Mobilitas berarti portabilitas didasarkan pada kenyataan bahwa pengguna membawa perangkat selular di mana-mana mereka pergi. Oleh karena itu, pengguna dapat memulai real-waktu kontak dengan sistem lain dari manapun mereka terjadi menjadi.
• mencapai luas adalah karakteristik yang menggambarkan aksesibilitas orang. Mereka bisa dihubungi setiap saat. Komputasi Mobile memiliki dua karakteristik utama yang membedakan dari bentuk-bentuk lain dari komputasi: mobilitas dan jangkauan yang luas.

Atribut Komputasi Mobile
• Ubiquity mengacu pada atribut menjadi tersedia di setiap lokasi pada setiap diberikan waktu. Sebuah terminal mobile dalam bentuk smartphone atau mana-mana menawarkan PDA.
• Kenyamanan. Hal ini sangat nyaman bagi pengguna untuk beroperasi di nirkabel lingkungan. Yang mereka butuhkan adalah sebuah internet diaktifkan perangkat mobile seperti smartphone.
• Instan konektivitas. Perangkat Mobile memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan mudah dan cepat ke Internet, intranet, perangkat mobile lainnya dan database. Personalisasi. Personalisasi mengacu menyesuaikan informasi untuk individu konsumen.
• Lokalisasi produk dan jasa. Mengetahui pengguna fisik lokasi pada setiap saat tertentu adalah kunci untuk menawarkan produk yang relevan dan layanan. 

Infrastruktur Hardware yang terdapat di Mobile Computing :
• ponsel Seluler yang dapat ber-Internet dan telepon, juga dikenal sebagai smartphone.
• attachable keyboard Sebuah lampiran keyboard yang lebih besar.
• Personal Digital Assistant (PDA) dengan tersedia akses Internet.
• Interaktif pager pager dua arah dengan komputasi mobile terbatas dan m-commerce aktivitas di Internet.
• Screenphones Telepon dilengkapi dengan layar warna, keyboard, e-mail dan kemampuan Internet.
• E-mail Terpadu perangkat handheld, yang meliputi keypad, e-mail kemampuan layanan dan Internet, tanpa harus dial ke Penyedia akses internet untuk akses data.
• Ada banyak perangkat lain yang mendukung operasi nirkabel.
• Sebuah WAN modem
• LAN nirkabel atau MAN (metro-area jaringan) adaptor.
• Sebuah Web server dengan dukungan nirkabel
• Sebuah WAP gateway • Sebuah server komunikasi
• Sebuah server aplikasi atau database • Sebuah server aplikasi enterprise.
• A GPS locator Periklanan Mobile Computing Mobile juga selain sarana internetan dan telepon, mobile juga dapat digunakan sebagai media periklanan/advertising.Seperti iklan untuk promo, misalkan: • penjualan di sebuah toko tertentu atau mal • hari ini spesial di restoran
• program loyalitas • dan banyak lagi


Periklanan Mobile Computing
Mobile juga selain sarana internetan dan telepon, mobile juga dapat digunakan sebagai media periklanan/advertising. Seperti iklan untuk promo, misalkan:
• penjualan di sebuah toko tertentu atau mal • hari ini spesial di restoran
• program loyalitas
• dan banyak lagi 

Layanan Mobile Computing
Layanan yang diberikan oleh portal mobile meliputi:
• Berita
• Olahraga
• E-mail
• Hiburan
• Informasi Perjalanan
• Restoran
• Event informasi
• Kenyamanan-jasa terkait (misalnya, permainan, TV dan daftar film)
• Layanan-layanan komunitas
• Saham perdagangan.

Didalam Mobile Computing kita juga dapat melakukan Transaksi dalam bentuk e-commece atau e-bussiness kepada pelaku bisnis, seperti disebutkan pada Teori New Economi sebelumnya antara lain dapat melakukan transaksi :
• Bussiness to Bussiness (B2B) adalah Transaksi yang dilakukan oleh sesama para pelaku bisnis dalam perusahaan.
• Bussiness to Consumer (B2C) adalah Transaksi yang dilakukan oleh para pelaku bisnis dalam perusahaan kepada seseorang/per-seorangan sebagai konsumen.
• Consumer to Bussniess (C2B) adalah Transaksi yang dilakukan oleh Perseorangan dengan sebuah perusahaan.
•Consumer to Consumer (C2C) adalah Transaksi yang dilakukan antara individu dengan individu lainya yang saling berhubungan dalam menawarkan barang dan jasa.

"Namun biasanya hanya Pebisnis yang melakukan hal diatas tersebut, jarang sekali seorang individu melakukan transaksi jual beli dengan mobile".

Penjelasan lainnya!

B2B Mobile Mobile Computing
• Dengan mengintegrasikan perangkat mobile ke dalam rantai pasokan (Penjualan)
• mobile dapat membuat pemesanan barang
• mengecek ketersediaan barang tertentu di gudang
• memesan produk tertentu
• menyediakan akses keamanan atas data keuangan rahasia
• mengurangi kesalahan administrasi dan meningkatkan operasi Mobile komputasi solusi (B2B dan manajemen rantai pasokan) memungkinkan organisasi untuk merespon lebih cepat terhadap gangguan dengan mengubah sumber daya berkaitan dengan peristiwa penting yang terjadi. Lingkungan nirkabel telah ditingkatkan transaksi ini c-commerce.

B2C Mobile Mobile Computing
• transaksi B2C
• Personalisasi Pemberitahuan Merchandise
• Mobile games
• Layanan Hotel Sejumlah besar aplikasi ada konsumen yang mendukung dan memberikan layanan pribadi.

Mobile Computing berbasis lokasi Komersial 
• Lokasi tempat atau daerah: menentukan posisi dasar dari seseorang atau hal (misalnya, mobil atau perahu).
• Navigasi: merencanakan rute dari satu lokasi ke lokasi lain.
• Pelacakan: memantau pergerakan seseorang atau sesuatu (misalnya, paket atau kendaraan).
• Pemetaan: membuat peta lokasi geografis tertentu.
• Timing: menentukan waktu yang tepat pada lokasi tertentu.

Teknologi Mobile Computing L-Commerce
• Menyediakan layanan berbasis lokasi memerlukan berikut locationbased dan jaringan teknologi
• Menentukan Posisi Tetap (PDE). Peralatan ini mengidentifikasi lokasi perangkat mobile. (GPS)
• Pusat Posisi Mobile (MPC). MPC adalah sebuah server yang mengelola informasi lokasi yang dikirim dari PDE tersebut.
• teknologi berbasis lokasi. Teknologi ini terdiri dari kelompok server yang menggabungkan informasi posisi dengan konten geografis-dan lokasi-spesifik untuk menyediakan suatu lcommerce layanan.
• Geografis (SIG) konten. Isi Geografis terdiri dari jalan-jalan, jalan peta, alamat, rute, landmark, penggunaan lahan, Zip kode, dan sejenisnya.

Pervasive Computing dalam Mobile Computing
• RFID (identifikasi frekuensi radio) tag melekat pada item untuk dijual.
• Aktif lencana dipakai sebagai kartu ID oleh karyawan. Tombol
• Memori adalah perangkat nikel-ukuran yang menyimpan informasi berhubungan dengan apa pun itu melekat. • komputasi Kontekstual, mengacu pada proses memahami interaksi pengguna dalam konteks yang valid, untuk lebih memahami apa kebutuhan konsumen, dan apa produk atau jasa mereka mungkin mungkin tertarik pada saat ini. Kesadaran Konteks mengacu menangkap berbagai atribut kontekstual untuk lebih memahami kebutuhan tersebut.Sebuah dunia di mana hampir setiap objek memiliki kekuatan pengolahan dengan nirkabel atau kabel koneksi ke jaringan global. Pengguna tidak perlu berpikir tentang bagaimana menggunakan kekuatan pemrosesan dalam obyek; lebih tepatnya, kekuatan pemrosesan secara otomatis membantu pengguna untuk melakukan tugas.
• Smart rumah memberikan Intranet lokal dimana peralatan dalam rumah berkomunikasi satu sama lain dan televisi, pencahayaan, pemanasan kontrol dan keamanan rumah yang diprogram dan dimonitor oleh sistem.
• Smart Cars mikroprosesor mengendalikan radio, transmisi, mengingat posisi duduk Anda, mengatur suhu, membuat suspensi bekerja lebih baik, membantu Anda lihat dalam gelap, dan peringatan ketika tekanan ban rendah. Di toko tersebut, mikroprosesor onboard digunakan untuk mendiagnosis masalah.
Smart "Things" Beberapa perangkat lain dan instrumen dapat dibuat untuk menjadi "pintar."
• Barcode.
• Auto Identification (Auto-ID)
• RFID: Hal ini digunakan dalam sistem kepabeanan nirkabel, seperti EZ Pass. 

Kesimpulan dari Pervasive Computing
JadiPervasive Computing sebetulnya bukan istilah baru. Sudah cukup lama istilah itu akrab terdengar di dunia IT. Apa sebenarnya Pervasive Computing?? Orang sering menafsirkan Pervasive Computing kurang begitu tepat, karena biasanya dianggap sebagai teknologi baru atau teknologi komputer masa depan yang menjanjikan berbagai kemudahan.

Dari segi etimologi Pengertian kata “pervasive” sendiri adalah “meresap“. Definisi praktis yang berhasil saya rangkum dari berbagai definisi lain adalah sebagai berikut;

Pervasive computing adalah suatu lingkungan dimana sejumlah teknologi (terutama teknologi komputer) digunakan dan menyatu di dalam objek dan aktivitas manusia sehari-hari, sehingga kehadirannya tidak dirasakan sebagai sesuatu yang khusus.

Pervasive computing bukan teknologi, tetapi didukung oleh sejumlah teknologi yang setiap saat bisa berubah. Pengertian meresap dalam kata pervasive bahwa teknologi tersebut semakin menyatu kepada pemakai dan lingkungannya, sehingga kehadirannya semakin tidak terasa lagi, menjadi perangkat yang bukan khusus lagi dan tidak disadari kehadirannya oleh kita. Contoh paling sederhana adalah “telpon selular”. Setiap orang sudah tidak melihatnya sebagai suatu perangkat khusus, tetapi itu adalah bagian dari setiap individu di dalam masyarakat modern.

Dengan kemajuan teknologi user interface (speech recognition, text to speech) serta telekomunikasi wireless, perangkat-perangkat IT di masa depan akan semakin pervasive dengan usernya. Suatu waktu, anda tinggal memberikan perintah lisan untuk mehghidupkan televisi, mencari channel kesayangan, dan sebagainya.

Dapat dikatakan juga bahwa “Pervasive Computing merupakan bukan teknologi, tapi suatu Teknologi yang berorientasi dengan lingkungan”.

1 komentar: