Kamis, 11 April 2013

GSLC Business Driven Technology


Tugas GSLC 1 Business Driven Technology mengenai Class Diagram untuk penjualan terdapat empat dimana class tersebut antara lain adalah class karyawan, class laporan, class order dan class pelanggan. Dari class pelanggan kita membagianya mejadi 2 yakni class pelanggan tetap dan class pelanggan harian.Setiap class diagram saling berhubungan satu sama lain untuk menunjukan setiap proses dari penjualan barang ini berjalan sesuai. Dari setiap class memiliki key yang dapat membuat masing-masing dari class tersebut dapat saling berhubungan. Ada Primary Key yang terdapat pada setiap atribut pertama dari class untuk membuat suatu kode yang unik agar tidak sama dengan class yang lain. Ada juga Foreign Key yang mana Primary Key dari satu kelas terdapat dalam atribut kelas lain. Ini untuk mendapatkan data atau informasi dari class Primary Key tersebut. Ada juga hubungan yang berbentuk angka seperti Class Diagram diatas ada angka seperti 1..1 atau 1..* yang mana menunjukan transaksi yang dilakukan dari satu class dengan class yang lain. Sebagai contoh dari Class Karyawan 1..* lalu dari Class Laporan 1..1, ini menunjukan karyawan bisa banyak orang dan karyawan tersebut bisa membuat 1 laporan ataupun lebih dari 1 laporan.


06 PBY
Donny Permana Putra – 1401117192

Rabu, 10 April 2013

Paper 1


                Business Driven Technology



Dalam menganalisis kondisi bisnis suatu perusahaan, dapat digunakan analisis lima
kekuatan bersaing (five competitive forces). Analisis Porter untuk Indomaret ini diperlukan,
mengingat banyak sekali IDF (Indomaret Franchise) yang telah bermunculan dimana-mana.
Analisis lima kekuatan bersaing ini dapat menentukan profitabilitas dari Indomaret yang
menjadi daya tarik bagi suatu industri, yang dengan mengetahui posisi suatu usaha
berdasarkan kekuatan-kekuatan yang telah dimilikinya. Aturan persaingan berdasarkan
Porter meliputi masuknya pesaing baru, ancaman dari produk pengganti (substitusi),
kekuatan penawaran (tawar-menawar) pembeli, kekuatan penawaran pemasok dan
persaingan diantara pesaing yang ada. Analisis lima kekuatan bersaing pada Indomaret
cabang Kebayoran Lama adalah sebagai berikut :

1. Persaingan Antar Perusahaan Sejenis
            Persaingan dalam industri ini masih terus berkembang sampai saat ini dan
persaingan tersebut cukup ketat. Hal ini terlihat dengan munculnya minimarket
waralaba dan non-waralaba mandiri baru yang merupakan kategori pengecer dan
semakin bertambahnya pendirian cabang-cabang gerai baru oleh perusahaan ritel.

Tingkat pertumbuhan industri ritel, setiap tahunnya pun mengalami kenaikan.
Ketiadaan diferensiasi produk dalam industri ritel, dapat digolongkan produk yang
hampir sama. Maka pemilihan produk oleh pembeli didasarkan harga dan pelayanan
yang diberikan. Dalam hal persaingan, diantara ritel-ritel modern, pesaing-pesaing
langsung bagi Indomaret adalah Alfamart, Alfamidi, Circle-K, Patra Mart, S’Mart, Madani
Mart, Seven Days dan Ahadmart. Dari semua kompetitor dengan kategori peritel yang
sama sangat memungkinkan berbeda yang dilihat dari kenyamanan saat berbelanja,
keamanan, kemudahan, variasi produk yang semakin beragam, kualitas produk yang
terus meningkat, harga produk yang menjadi lebih murah. Sehingga di sekitar lokasi
perusahaan ritel terdapat beberapa bisnis yang menjadi pesaing sejenis. Pesaing pesaing yang

berada disekitar Indomaret Kebayoran Lama franchisee PT Akindo ini
adalah Alfamart Kebayoran Lama dan Alfamidi 24 Jam, sedangkan supermarket dan
hypermarket seperti Carrefour Permata Hijau adalah pesaing-pesaing yang sifatnya tidak
langsung karena kategori ritelnya memang berbeda. Jadi dengan adanya para pesaingpesaing

baru dari bisnis ritel yang terus bermunculan, maka persaingan di dalam
industri ini cenderung cukup tinggi.

2. Kemungkinan Masuknya Pesaing Baru
            Dalam bisnis ritel, kemungkinan masuknya pesaing baru dapat dikatakan tidak
mudah. Karena hambatan masuk bagi pendatang baru cukup besar. Hal ini disebabkan
karena untuk masuk ke dalam industri bisnis ritel ini, pesaing baru memerlukan modal
yang cukup besar dalam berinvestasi, kebutuhan akan diferensiasi produk yang banyak
(beraneka ragam), dan memperoleh akses untuk masuk ke dalam saluran distribusi
yang luas.

3. Potensi Pengembangan Produk Subtitusi
Pada Industrl ritel khususnya minimarket, ancaman produk substltusinya adalah
para peritel tradisional. Hal ini dapat dengan jelas dikatakan bahwa, para peritel
tradisional memiliki banyak produk beragam sebagai barang pengganti. Penjualan
makanan, daging, sayuran serta produk-produk makanan lainnya, serta melakukan
pembatasan penjualan terhadap produk-produk nonmakanan, seperti produk kesehatan,
kecantikan dan produk-produk umum lainnya. Para peritel tradisional dapat menjadi
produk substitusi karena peritel tradisional merupakan pasar tradisional yang
menyediakan segala kebutuhan barang-barang yang dibutuhkan konsumen secara lebih
lebih lengkap bila dengan Indomaret. Indomaret hanya menjual beberapa produk
seperti, kebutuhan sembako, makanan kemasan, nonmakanan dll.

4. Kekuatan Tawar-Menawar Pembeli / Konsumen
 Kekuatan posisi tawar menawar pembeli lebih kuat dibandingkan perusahaan
ritelnya. Ini dikarenakan perusahaan menjual produk kebutuhan sehari-hari dengan
konsumennya adalah konsumen akhir. Konsumen yang membeli produk kebutuhan
sehari-hari pada saat ini peka terhadap harga dikarenakan keadaan perekonomian
negara yang masih belum stabil. Jadi, perusahaan harus menetapkan harga yang tepat
dan memberikan pelayanan yang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan.
Kekuatan yang dimiliki pembeli mampu memaksa harga turun, peningkatan pelayan dan
kualitas, dalam hal menetapkan harga IDF Keb-Lama tidak secara langsung menentukan
harga, harga sepenuhnya ditentukan oleh franchisor-nya Indomaret dan harga yang
ditawarkan merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar yang sifatnya tetap (fix).
Dan dalam hal ini, kekuatan tawar menawar pembeli ataupun konsumen bisa dikatakan
sangat rendah.

5. Kekuatan Tawar-Menawar Penjual / Pemasok
Kekuatan posisi Indomaret franchisee PT Akindo lebih lemah dibandingkan
dengan pemasoknya. Dikarenakan Indomaret franchisee PT Akindo merupakan
terwaralaba dari PT Indomarco Prismatama. Dengan demikian supply barang Indomaret
franchisee PT Akindo, seratus persen berasal dari PT Indomarco Prismatama dengan
beberapa suppliers yang sudah ditentukan sebelumnya, ≥ 500 pemasok. Dalam hal ini,
Indomaret memiliki posisi baik dalam menentukan produk yang akan dijualnya. Dilihat
dari jumlah pemasok yang banyak, pembelian barang dengan skala yang besar, produk
pemasok terdiferensiasi. Tetapi tidak untuk Indomaret franchisee Kebayoran Lama,
karena tawar menawar penjual ataupun pemasok dalam hal ini rendah.
  • Kemungkinan Masuknya Pesaing Baru      • Hambatan masuk bagi pendatang baru tidak mudah  dan cenderung tinggi


  • Kekuatan TawarMenawar Penjual /PemasokCenderung rendah,karena seratus persenbarang daganganberasal dariPT IndomarcoPrismatama, dengan banyak suppliers yang telah ditentukan sebelumnya ≥ 500 pemasok).

  • Persaingan Antar Perusahaan Sejenis
    • Alfamart
    • Alfamidi
    • Circle-K
    • Patra Mart
    • S’Mart
    • Madani Mart
    • Seven Days
    • Ahadmart


    Kekuatan TawarMenawar Pembeli / Konsumen
    Cenderung rendah,
    karena harga yang
    ditawarkan tetap(fix),
    dan ditujukan kepada:
    • Konsumen Akhir
    (End User)

           Potensi Pengembangan Produk Subtitusi
    Ancaman produk substitusi bagi Indomaret adalah para peritel tradisional




  Sumber : Hasil Analisis Wawancara IDF Keb-Lama
          Porter Generic Strategi

Jika penentu utama dari profitabilitas perusahaan adalah daya tarik industri di mana ia beroperasi, merupakan penentu sekunder penting adalah posisinya dalam industri tersebut. Meskipun industri mungkin memiliki profitabilitas bawah rata-rata, sebuah perusahaan yang diposisikan secara optimal dapat menghasilkan keuntungan superior.Sebuah perusahaan memposisikan dirinya dengan memanfaatkan kekuatan. Michael Porter telah menyatakan bahwa kekuatan sebuah perusahaan pada akhirnya jatuh ke salah satu dari dua judul: keunggulan biaya dan diferensiasi. Dengan menerapkan kekuatan baik dalam lingkup yang luas atau sempit, tiga generik hasil strategi: kepemimpinan biaya, diferensiasi, dan fokus. 
1. Strategi Biaya Rendah (cost leadership) atau Kepemimpian biaya

         Cost Leadership atau kepemimpinan biaya merupakan salah satu generic strategy.Strategi ini dilakukan dengan cara memproduksi barang dengan biaya yang lebih rendah dengan kualitas yang relatif sama dibandingkan dengan para pesaingnya. Untuk dapat menjalankan strategi ini, perusahaan perlu memiliki economies of scalelebih tinggi atau memiliki keunggulan dalam produktivitas. Dengan kata lain, perusahaan yang mengarahkan dirinya menjadi produsen yang low-cost dalam industri untuk setiap level kualitas, maka perusahaan tersebut telah menjalankan strategi ini (Porter, tahun). Strategi ini mempunyai dua macam strategi turunannya, yaitu (1) produk dijual dalam rata-rata harga industri untuk meraih keuntungan yang lebih besar dari pesaing dan (2) produk dijual dibawah rata-rata harga industri untuk meraih market-share yang lebih luas.
       Ada beberapa keadaan lingkungan yang dapat menguntungkan maupun merugikan bagi perusahaan ketika akan menjalankan strategi kepemimpinan biaya ini. Ketika pembeli tidak ada diferensiasi nilai terlalu banyak dengan produk lain, pembeli cenderung sensitif terhadap harga, atau para pesaing tidak akan segera menyesuaikan harga yang lebih rendah (melalui analisis teori permainan), maka situasi ini akan mendukung berjalannya strategi ini. Sebaliknya ketika tidak ada perubahan dalam selera konsumen, teknologi dan harga atau biaya; aktivitas yang diambil untuk mencapai biaya rendah sangat langka dan mahal untuk ditiru, maka strategi ini menjadi kurang efektif.
Perusahaan yang menjalankan strategi ini akan dapat melayani berbagai segmen industri atau mungkin beberapa industri. Sumber keuntungan biaya dapat  diperoleh dari berbagai sumber seperti skala ekonomis, teknologi eksklusif atau akses ke bahan baku. Produser yang low-cost sering menjual produk standar dan melakukan penekanan pada skala eksploitasi dan memanfaatkan keunggulan biaya absolut.
Dengan menjalankan strategi ini perusahaan harus lah memiliki kelebihan dalam aspek pangsa pasar yang lebih luas ataupun akses ke sumber daya seperti bahan baku, komponen, tenaga kerja yang lebih baik. Dengan keuntungan pada dua hal itu, dan dikombinasikan dengan bisnis proses yang efisien maka perusahaan dapat menjalankan strategi ini dengan baik. Beberapa ciri bisnis proses yang efisien akan terlihat pada aspek seperti seperti memiliki capabilities keuangan yang kuat untuk berinvestasi dalam spesific assets, mampu mendesain proses produksi dengan efisien, memiliki keahlian yang tinggi dalam industri karena learning/experience curve yang tinggi, dan memiliki jalur distribusi yang efisien. Tanpa satu atau beberapa keuntungan ini, strategi ini dapat dengan mudah ditiru oleh pesaing-pesaing lainnya.
Ada beberapa aspek yang lebih rinci untuk pelaksanaan yang sukses strategi ini seperti keterampilan rekayasa proses, produk yang dirancang untuk kemudahan manufaktur, akses berkelanjutan ke modal yang murah, pengawasan terarah pada tenaga kerja, biaya pengendalian yang cukup, insentif berdasarkan target kuantitatif, biaya yang disimpan berada pada tingkat seminimum mungkin. Pada intinya perusahaan yang menjalankan strategi ini harus dapat membangun rantai nilai produk yang ditawarkan dari sejak hulu hingga hilir dalam suatu proses bisnis yang paling efisien. Beberapa perusahaan pengecer seperti Wal-Mart, KwikSave TI, Dell dan Lenovo telah berhasil membuktikan bagaimana cost leadership strategy dapat berjalan.
Perusahaan-perusahaan yang telah berhasil dalam cost leadership biasanya memiliki kekuatan-kekuatan internal seperti: akses pada modal yang diperlukan ntuk membuat investasi yang signifikan dalam aset-aset produksi, investasi ini menyebabkan barrier to entry yang tidak dapat diatasi oleh banyak perusahaan; keterampilan dalam merancang produk untuk proses manufaktur yang efisien, misalnya mempunyai sebuah komponen hitung kecil yang digunakan untuk mempersingkat proses perakitan; keahlian tingkat tinggi dalam proses manufaktur rekayasa; dan jalur distribusi yang efisien. Selain itu perusahaan dalam meraih keuntungan biaya dapat dilakukan dengan cara meningkatkan efisiensi proses, mendapatkan akses yang unik ke sumber material besar yang harganya rendah, membuat outscoring dan integrasi vertikal yang optimal, atau menghindari beberapa biaya sekaligus. Jika perusahaan yang berkompetisi tidak dapat menurunkan biaya-biaya yang sama jumlahnya, maka perusahaan dapat mempertahankan keunggulan kompetitif berdasarkan biaya kepemimpinan. Dapat disimpulkan bahwa cost leadership dapat diraih dengan cara (1) Keputusan outsourcing dan vertical integration yang optimal, (2) Meningkatkan efisiensi dalam setiap value chain, atau (3) Mendapatkan sumber input yang murah.
 Dalam kasus indomaret ini, harga sepenuhnya ditentukan oleh franchisor-nya Indomaret dan harga yang ditawarkan merupakan harga mati yang tidak dapat ditawar yang sifatnya tetap (fix). 
2. Strategi Pembedaan Produk (differentiation)
            Diferensiasi adalah strategi aktif untuk mendapatkan hasil diatas rata-rata dalam sebuah bisnis tertentu karena loyalitas merek akan membuat sensitivitas konsumen terhadap harga menjadi randah. Loyalitas pembeli berfungsi sebagai penghalangmasuk industry- perusahaan-perusahaan baru harus mengembangkan kompetesnsi tersendiri mereka untuk membedakan produk mereka melaluai cara-cara tertentu agar dapat besaing dengan sukses. Diferensiasi diarahkan pada pasar luas dan melibatkan penciptaan sebuah produk atau jasa uniik, yang mebuat perusahaan harus menetapkan harga premium. Dalam hal ini Indomaret menerapkan strategi-strategi yang membuatnya berbeda dari pesaingnya, yaitu:
- Harga Heboh: promosi mingguan yang memberikan harga sangat murah untuk produk-produk kebutuhan sehari-hari
-Super Hemat: Leaflet edisi dua mingguan yang mempromosikan produk-produk dengan hemat sebagai panduan bagi konsumen untuk belanja hemat
-Promosi Bulan Ini: promosi bulanan atas produk tertentu daam bentuk pembelian langsung atau potongan harga
Untuk jangka panjang, Indomaret juga menerapkan berbagai program yang berkaitan dengan loyalitas atau potongan harga 
Resiko Diferentiation
1.      Diferensiasi Tidak Bertahan
 Pesaing meniru
 Basis lain bagi diferensiasi menjadi kurang penting bagi pembeli
2.      Kedekatan biaya menghilang
3.      Para pem-“focus diferensiasi” mencapai deferesiasi yang lebih besar lagi dalam segman
 Pada umumnya strategi biaya rendah dan pembedaan produk diterapkan perusahaan dalam rangka mencapai keunggulan bersaing (competitive advantage) terhadap para pesaingnya pada semua pasar. (Lihat David, 1998; Fournier dan Deighton, 1997; Pass dan Lowes, 1997; Porter, 1980 dan 1985).
3. Strategi Fokus (focus)
Strategi fokus digunakan untuk membangun keunggulan bersaing dalam suatu segmen pasar yang lebih sempit. Strategi jenis ini ditujukan untuk melayani kebutuhan konsumen yang jumlahnya relatif kecil dan dalam pengambilan keputusannya untuk membeli relatif tidak dipengaruhi oleh harga. Dalam pelaksanaannya – terutama pada perusahaan skala menengah dan besar –, strategi fokus diintegrasikan dengan salah satu dari dua strategi generik lainnya: strategi biaya rendah atau strategi pembedaan karakteristik produk. Strategi ini biasa digunakan oleh pemasok “niche market” (segmen khusus/khas dalam suatu pasar tertentu; disebut pula sebagai ceruk pasar) untuk memenuhi kebutuhan suatu produk — barang dan jasa — khusus.
Syarat bagi penerapan strategi ini adalah adanya besaran pasar yang cukup (market size), terdapat potensi pertumbuhan yang baik, dan tidak terlalu diperhatikan oleh pesaing dalam rangka mencapai keberhasilannya (pesaing tidak tertarik untuk bergerak pada ceruk tersebut). Strategi ini akan menjadi lebih efektif jika konsumen membutuhkan suatu kekhasan tertentu yang tidak diminati oleh perusahaan pesaing. Biasanya perusahaan yang bergerak dengan strategi ini lebih berkonsentrasi pada suatu kelompok pasar tertentu (niche market), wilayah geografis tertentu, atau produk — barang atau jasa — tertentu dengan kemampuan memenuhi kebutuhan konsumen secara baik, excellent delivery. (Lihat David, 1998; Fournier dan Deighton, 1997; Pass dan Lowes, 1997; Porter, 1980 dan 1985).
Dalam hal ini, Indomaret melakukan strategi fokus dengan mengevaluasi terhadap keuntungan per produk barang dagangan yang ditawarkan pada pelanggan yang merupakan dasar untuk dapat menetapkan strategi pengelolaan ritel dengan lebih komprehensif. Melalui evaluasi keuntungan per produk, peritel dapat mengklasifikasikan mana produk-produk yang tergolong sebagai produk cepat laku (fast moving product) dan mana yang dikelompokkan sebagai produk yang kurang laku (slow moving product).
Indomaret terus melakukan evaluasi terhadap keuntungan per produk, sehingga berdasarkan data evaluasi tersebut, Indomaret bisa menerapkan space produk mana yang perlu dipasok lebih banyak dari segi kuantitas dan mana yang tidak, sehingga dengan adanya evaluasi seperti ini maka keuntungan dapat terus dikendalikan untuk mencapai maksimum profit.

06 PBY
Donny Permana Putra – 1401117192
Ferdy Faisal -
  1401131234